PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT :

PENINGKATAN JIWA WIRAUSAHA PEMBUATAN KRIPIK AYAM BUMBU BALI BAGI KAUM IBU RUMAH TANGGA

KETUA PELAKSANA: SEKRETARIS PROGRMAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNMAS DENPASAR

(Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE.,M.Si.,Ak.,CA)

  • Kripik ayam merupakan panganan tradisional yang digilai oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan. Rasanya yang gurih menjadikan kripik ayam bisa dinikmati sebagai camilan saat santai maupun lauk ketika santap makan. Namun seiring dengan banyaknya pihak yang menggemarinya, kripik ayam kini bisa dijadikan peluang bisnis yang beromzet jutaan rupiah. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Ibu Putu Yuliana (43) dengan mendirikan usaha pembuatan kripik ayam “Mesari”. Keunggulan kripik ayam Ibu Yuliana jika dibandingkan produk sejenis lainnya adalah cita rasa kripik ayamnya lebih terasa. Sekilas, kripik ayam kreasi Ibu Yuliana memang terlihat berbeda jika dibandingkan dengan kripik ayam kebanyakan dengan bentuk yang lebih besar dan lebar, kemasan yang lebih besar dan plastik yang lebih tebal sehingga membuat tampilan kripik ayam ini lebih rapi dibandingkan dengan kripik ayam lainnya.
    Oleh karena IRT ini berpotensi untuk berkembang namun usaha tersebut masih bersifat home industry yang masih menggunakan mesin dan pemrosesan yang manual maka dilakukanlah program pengabdian masyarakat oleh tim yang diketuai oleh Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE.,M.Si.,Ak.,CA dengan anggota tim diantaranya adalah Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, SE.,M.Si dan Siluh Putu Natha Primadewi, ST.,MT. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah salah satu skim hibah pengabdian Unmas Denpasar yang merupakan bentuk kegiatan pengabdian bagi masyarakat yang bertujuan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi, membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).
    Kegiatan dalam program ini menyangkut tiga aspek yaitu aspek produksi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Aspek produksi diantaranya adalah 1). Pengadaan 1 buah mesin penggiling, 2). Pengadaan 1 buah blender, 3). Pengadaan 1 buah mesin peniris minyak (spinner), 4). Pengadaan 2 paket selop tangan. Dari aspek manajemen dilakukan: 1). Penyuluhan inovasi produk baru 2). Penataan Layout. Sedangkan dari aspek keuangan dilakukan penyuluhan dan pendampingan cara pembukuan sederhana. Dengan dilakukannya program ini maka diharapan terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas produk dengan penambahan mesin, peningkatan pemahaman mengenai pembukuan sederhana, dan peningkatan omzet pada mitra. Tidak lupa mitra mengucapkan banyak terima kasih kepada Unmas Denpasar dan LPPM Unmas Denpasar atas pembinaan dan pendampingan yang dilakukan.

     

Kembali ke halaman Utama»

Facebook Page