PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT : GARMEN DAN SABLON BINAAN UNMAS DENPASAR.

KETUA PELAKSANA: SEKRETARIS PROGRMAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNMAS DENPASAR

(Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE.,M.Si.,Ak.,CA)

  • Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah salah satu skim hibah pengabdian DRPM DIKTI yang merupakan bentuk kegiatan pengabdian bagi masyarakat yang bertujuan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi, membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).
    Tim pelaksana program kemitraan masyarakat (PKM) Unmas Denpasar dengan ketua Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE.,M.Si.,Ak.,CA dengan anggota Ni Luh Gde Novitasari, SE.,M.Si.,Ak.,CA dan Siluh Putu Natha Primadewi, ST.,MT yang berhasil memenangkan hibah Dikti PKM tahun 2016. Mitra dalam pengabdian ini adalah IRT Garmen yaitu Bapak Subhan yang beralamat di Jalan Padang Kartika 5 no 10, Padangsambian dan Mitra kedua adalah IRT Sablon yaitu Bapak Prihatin Budi Utomo yang beralamat di Jalan Gunung Gede Gang Kiwi, Padangsambian.
    Hasil capaian dalam program ini terdiri dari  3 (tiga) aspek yaitu aspek produksi, aspek manajemen dan aspek keuangan. Aspek produksi terdiri dari pengadaan mesin jarum dua (mesin pleret), pengadaan meja sablon (rotary), mesin press, dan hairdryer. Dari aspek manajemen yaitu pengadaan box, rak, kursi, penataan kabel listrik, penataan layout produksi, serta pelatihan dan pendampingan pemasaran online. Sedangkan dari aspek keuangan yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan pembukuan sederhana. Kedua IRT mengungkapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DRPM Dikti dan LPPM Unmas Denpasar melalui Tim Pelaksana PKM atas pembinaan dan pendampingan yang dilakukan sehingga kinerja unit usaha yang mereka jalani selama ini mengalami pertumbuhan dam omset usaha, peningkatan kualitas dan kuantitas produk, dan peningkatan keterampilan dan pemahaman.

     

Kembali ke halaman Utama»

Facebook Page