PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

  • PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DUPA MAN’KU – UPAYA
    MENJAGA EKSISTENSI UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

    UMKMmenjadi tulang punggung perekonomian negara. Salah satu UMKM yang memiliki potensi ekonomi cukup besar di Provinsi Bali adalah UMKM Dupa Man’ku yangberlokasi di Desa Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Sebelum pandemi Covid-19, penjualan UMKM Dupa Man’ku meningkat pesat, bahkan mampu menyasar konsumen di wilayah Sumatra dan Sulawesi. Selain itu, produk Dupa Man’ku dijual ke berbagai hotel dan vila di seluruh Bali. Namun, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan yang signifikan.
    Menyikapi kondisi tersebut, Universitas Mahasaraswati Denpasar dan STMIK STIKOM Indonesia bekerjasama melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk menjaga eksistensi UMKM Dupa Man’ku. Program pengabdian ini melibatkan tiga orang dosen, yaitu Dr. Ni Wayan Rustiarini, SE, M.Si., Ak, Ni Putu Nita Anggraini, SE, MM, dan I Ketut Sassu Budi Satwam, S.Kom., M.Kom. Pelaksanaan program ini didanai oleh Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

    Program pengabdian ini meliputi aspek produksi, pemasaran, dan  manajemen usaha. Dari sisi produksi, tim pengabdi memberikan bantuan perlengkapan produksi. Dari sisi pemasaran, tim pengabdi dan pemilik UMKM Dupa Man’ku merancang kemasan dupa yang efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, tim pengabdi merancang website usaha dan akun media sosial, serta menyediakan akun marketplace untuk mendukung penjualan online. Dari sisi manajemen usaha, tim dosen mendampingi penggunaan aplikasi akuntansi berbasis SAK EMKM. Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan UMKM Dupa Man’ku dapat meningkatkan penjualan serta menjaga keberlangsungan usaha dalam masa pandemi Covid-19.

    Berita ini telah ditayangkan pada:
    https://www.nusabali.com/berita/102357/universitas-mahasaraswati-dan-stmik-stikom-indonesia-dukung-eksistensi-perajin-dupa

    https://www.nusabali.com/berita/103210/terdampak-pandemi-umkm-dupa-manku-melakukan-cara-ini

     

    Kembali ke halaman Utama»

Facebook Page